Keutamaan Shalat Dhuha

Shalat dhuha adalah salah satu dari semua macam shalat sunnah, merupakan shalat yang dilakukan pada pukul 8 sampai sebelum siang hari yaitu pada pukul 11, dan Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah shalat dhuha

Keutamaan keutamaan shalat dhuha ada banyak dan dapat dijadikan motivasi untuk menunaikannya, keutamaan tersebut antara lain adalah:

  • Pahala yang sama dengan bersedekah

Dalam hal ini yang dimaksud sedekah adalah sedekah yang dperlukan untuk persendian, terlebih lagi jika ikhlas dalam melakukannya. Pahalanya sama dengan banyaknya persendian itu, seperti yang diucapkan Rasulullah saw, yang bunyinya:

“Disetiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah ) adalah sedekah, setiap tahlil (lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu”

  • Kebutuhannya dicukupi

Seseorang yang melakukan shalat dhuha dengan ihklas, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya. Shlat dhuha adalah shalat untuk memohon rizki kepada Allah dan berjanji pada setiap umatnya untuk mencukupi sesuatu yang menjadi kebutuhannya, sebenarnya shalat dhuha ditujukan kepada hambanya untuk mengingat-Nya. Janji itu dapat ditemukan dalam hadist qudsi yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai anak  Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu”

  • Mencapai keuntungan yang cepat

Jika shalat Dhuha dikerjakan dengan tekun maka yang mengerjakan tersebut akan memperoleh keuntungan lebih cepat, sebagaimana sabda Nabi Muhammad yang berbunyi:

 “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya”

  • Di buatkan rumah baginya di surga

Orang yang selalu mengerjakan ibadah shalat dhuha 12 rekaat, maka dia akan dijanjikan oleh Allah sebuah rumah di surga yang indah dan dibuat dari emas, menurut Anas Bin Malik pernah mendengar dari Rasulullah bersabda:

“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

  • Pahalanya seperti orang haji dan umrah

Seseorang yang menjalankan shalat dhuha dengan rajin dan tekun  akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah,Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh berjamaah, kemudian ia duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat Dhuha, ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *