Keutamaan Salam

Didalam sebuah riwayat, apabila seorang muslim mengucapkan salam kepada seorang muslim yang lain, lalu ia menjawab salamnya, maka malaikat memohonkan rahmat tujuh puluh kali untuknya. Jika ia tidak menjawab salam orang yang menggucapkan salam padanya, maka salam itu akan dijawab oleh malaikat yang ada bersamanya, lalu malaikat itu melaknat orang yang tidak menjawab salam itu, tujuh puluh kali.

Para ulama berbeda pendapat  mengenai memberi salam kepada anak-anak. Sebagian mereka ada yang berpendapat memberikan salam pada anak-anak. Sebagian ulama lainya berpendapat tidak perlu memberikan salam kepada anak-anak. Sebagian lagi berpendapat, memberikan salam anak-anak lebih baik, daripada tidak.

Di dalam kitab Raudhatul Ulama, disebutkan apabila seseorang berhadapan dengan orang lain, siapakah dahulu mengucapkan salam. Para ahli fikih berbeda pendapat. Di antara mereka ada yang berpendapat, bahwa orang yang datang dari kota memberi salam kepada orang yang dari desa, karena dia datang dari daerah yang aman, maka dia memberikan salam kepada orang yang datang dari desa, agar supaya dia memberikan kabar akan kondisinya dikota yang aman.

Sebagian ahli fikih ada yang berpendapat, orang yang datang dari desa yang memberikan salam kepada orang yang datang dari kota, karenaorang yang datang dari kota adalah yang datang dari tempat yang lebih utama.

Dikatakan bahwa memulai salam sebelum berbicara atau menyampikan hajatnya, adalah sunah yang sangat dianjurkan, bukan wajib. Sedangkan mendengarkan salam adalah disunahkan, bahkan wajib, menurut pendapat yang shahih.

Dimakruhkan atau makruh tahrim mengucapkan salam kepada:

  1. Orang yang sedang meriwayatkan sebuah hadis.
  2. Orang yang azan dan iqamah, dan juga orang yang sedang mendengarkan.
  3. Orang yang sedang berada di dalam WC.
  4. Orang yang sedang shalat.
  5. Orang yang meminta-minta.
  6. Pada hakim yang sedang mengadili perkara di pengadilan.
  7. Guru yang sedang mengajar.
  8. Orang kafir.
  9. Orang ahli bid’ah.
  10. Penentang agama.
  11. Pelawak.
  12. Orang yang menceritakan kisah bohong.
  13. Orang jahat yang suka menghina.
  14. Orang yang sedang telanjang.
  15. Orang yang duduk di ujung jalan untuk melihat wanita cantik dan laki laki tampan yang menggairahkan.
  16. Pendusta.
  17. Orang yang sedang bergurau.
  18. Orang yang sedang memaki maki.
  19. Orang yang sedang sibuk di pasar.
  20. Orang yang sedang bernyanyi.

Dari Ibnu Abbas ra, sesungguhnya iblis terlaknat menangis, ketika orang mukmin mengucapkan salam. Ia berkata: “oh celaka, tidaklah dua orang mukmin ini berpisah, sehingga keduanya memperoleh ampunan dari Allah.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *